Rabu, 18 Maret 2015

WORKSHOP : MENINGKATKAN FUNGSI DAN PERAN POSYANDU DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PELAYANAN SOSIAL YANG TERINTEGRASI




WORKSHOP : MENINGKATKAN FUNGSI DAN PERAN POSYANDU DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PELAYANAN SOSIAL YANG TERINTEGRASI
Pengembangan Kapasitas Kader Posyandu dalam Pelayanan
Bidang Kesejahteraan Sosial di Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan
 Kabupaten Bandung

A.          PENDAHULUAN

P
osyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan system pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak (Departemen Kesehatan, 1999). Dalam perkembangannya peranan posyandu menjadi lebih luas seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Dalam Panduan Pelayanan Posyandu yang dikeluarkan oleh BPMPD Kabupaten Bandung disebutkan bahwa kedepannya posyandu diharapkan menjadi pusat pelayanan sosial yang terintegrasi yang tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan dan KB saja tetapi juga dapat memberikan pelayanan sosial bagi  penyandang masalah kesejahteraan sosial termasuk melakukan penyuluhan dan konseling tentang perlindungan anak, kekerasan dalam rumah tangga, bahaya hiv/aids, dan sebagainya. Berdasarkan hasil kegiatan KKN Tematik yang dilaksanakan oleh PPM STKS Bandung bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, maka terdapat beberapa PMKS di Kelurahan Cibeunying yang memerlukan pelayanan sosial serta perlunya dilakukan pendataan untuk PMKS di semua wilayah yang ada di Kelurahan Cibeunying.
O
leh karena itu dengan memperhatikan  jumlah PMKS yang ada di Kelurahan Cibeunying serta mengingat posisi posyandu yang sangat strategis dalam pengentasan masalah kesesejahteraan sosial,    maka diperlukan kader-kader posyandu yang terlatih yang mengerti dan memahami tentang PMKS, PSKS dan program-program pelayanan  bidang kesejahteraan sosial sehingga dapat melaksanakan Pelayanan Sosial Terintegrasi di Posyandu. Maka Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cibeunying bekerjasama dengan Pusat Pengabdian pada Masyarakat (PPM) STKS Bandung telah mengadakan kegiatan workshop untuk para kader Posyandu dan lembaga kemasyarakatan lainnya yang ada di Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan kabupaten Bandung.  

B.           NAMA KEGIATAN
K
egiatan yang telah dilaksanakan ini dinamakan Workshop :    Meningkatkan Fungsi dan Peran Posyandu dalam rangka Mewujudkan Pelayanan yang Terintegrasi dengan sub tema : Pengembangan Kapasitas Kader Posyandu dalam Pelayanan Bidang Kesejahteraan Sosial di Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.

C.           MAKSUD DAN TUJUAN
K
egiatan ini dimaksudkan untuk menyamakan pemahaman dan memberikan pengetahuan serta wawasan tentang PMKS, PSKS dan Program-program pelayanan  bidang kesejahteraan sosial kepada para kader posyandu dan pengurus lembaga kemasyarakatan lainnya agar mereka mampu mendeteksi PMKS dan PSKS yang ada dilingkungannya serta mampu memberikan pelayanan sosial dan informasi yang benar kepada masyarakat.
T
ujuannya yaitu mewujudkan Pelayanan Sosial Posyandu Yang Terintergrasi dan menjadikan Posyandu sebagai pusat informasi kesejahteraan sosial dan sebagai sarana untuk menggali berbagai permasalahan sosial, potensi dan sumber kesejahteraan sosial serta pemecahan masalah sosial pada tingkat dasar sebagai menuju terbentuknya Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di Kelurahan Cibeunying.

D.          ANGGARAN  BIAYA
Kegiatan ini dibiayai oleh Pusat Pengabdian pada Masyarakat (PPM)  STKS Bandung sebesar Rp 3.870.000,- ( Tiga Juta Delapan Ratus Tujuh Puluh Ribu Rupiah) yang digunakan untuk  biaya konsumsi, transport peserta dan pembuatan spanduk.

E.            WAKTU PELAKSANAAN ,  PESERTA DAN NARASUMBER
Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari yaitu tanggal  14 Februari  2015 bertempat di aula Kelurahan Cibeunying . Adapun peserta yang hadir  yaitu  :
1.      Kader posyandu  27 RW                                                   = 29 orang
2.      Pengurus TP PKK Kelurahan Cibeunying                     =   2 orang
3.      Pengurus LPM Kelurahan Cibeunying                          =   5 orang
4.      Pengurus Karang Taruna Kelurahan Cibeunying       =   1 orang
5.      Aparat Kelurahan Cibeunying                                       =   2 orang
6.      Bidan Desa                                                                         =   1 orang
7.      Pokja Posyandu                                                                 =   1 orang
8.      Pengurus Kube Titik Terang                                           =   1 orang
9.      Pengurus BKM Rereongan                                              =   2 orang
10.  Panitia                                                                                =   4 orang
11.  Sakti Peksos Pendamping PKSAB                                 =   2 orang
                                          Jumlah                                             =  50 orang

Sedangkan Narasumber yaitu :
1.      Ny. Euis Suryati  Jauhari                       ( Ketua TP. PKK Kelurahan Cibeunying)
2.      Yani Rustiani, AM.Keb                          ( Bidan Desa Kelurahan Cibeunying)
3.      Drg. Sheyla Edu                                     ( Dokter Puskesmas Cibeunying )
4.      Dr. Didiet Widiowati, M.Si                    ( Dosen STKS Bandung )
5.      Tuti Kartika, Ph.D                                  ( Dosen STKS Bandung )
6.    Dayat Sutisna, AKS, MPSSp                ( Moderator / Ketua LPM Kelurahan Cibeunying)

Hasil dan Kesimpulan : Bahwa Kelurahan Cibeunying dengan berbagai unsur yang terkait yaitu Puskesmas Cibeunying, Bidan Desa Kelurahan Cibeunying, Tim Penggerak PKK kelurahan Cibeunying dan Para kader Posyandu didukung oleh LPM Kelurahan Cibeunying siap untuk mewujudkan Pelayanan SosiaL yang terintegrasi di Posyandu. Semoga Sukses...(Diposkan oleh : Dayat Sutisna)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar